Tugas 1 (Individual)
1. Eksplorlah sebuah pembelajaran berbasis web atau e-learning
(harus berbasis LMS dan tidak boleh Edutech Smart) sehingga anda dapat masuk ke
sistem tersebut dan dapat mempelajari materi-materi di dalamnya.
2. Eksplorlah instrumen untuk mengevaluasi pembelajaran berbasis
web atau elearning (web-based learning, web-based training, web-based
instruction) dengan Google. Berdasarkan instrumen ini anda diminta melakukan
evaluasi menyeluruh terhadap pembelajaran berbasis web atau e-learning yang
telah anda eksplor.
3. Buatlah laporan yang berisi:
a. Deskripsi pembelajaran berbasis web atau e-learning (URL, contoh
screenshot, matakuliah, dosen/guru/pengarang, tingkat pendidikan user, materi,
software, aksesibilitas, evaluasi/test).
b. Instrumen dan sumber URL-nya, serta hasil evaluasi pembelajaran
berbasis web atau e-learning berdasarkan instrumen yang telah dicari tersebut.
c. Jelaskan bagaimana efektivitas pembelajaran berbasis web atau
e-learning dapat dievaluasi?
4. Laporan hasil evaluasi akan dipresentasikan di depan kelas dan
dokumennya dikumpulkan pada dosen.
LAPORAN
EVALUASI
PEMBELAJARAN E-LEARNING (KULIAH DARING DIKTI) FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
PADA MATA KULIAH
E-LEARNING (WEB BASED LEARNING)
DALAM MATA KULIAH
PENGEMBANGAN E-LEARNING
OLEH
MUHAMMAD FAIS ALFAFA NIM 1411021018
JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA APRIL 2017
Download
https://www.academia.edu/34861031/Tugas_1_Laporan_Evaluasi_Program_E_learning
PEMBAHASAN
A. Deskripsi Pembelajaran Berbasis WEB (e-Learning)
E-learning menurut Riadi (2014) adalah “suatu sistem atau konsep
pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar
mengajar”. Sedangkan menurut Suartama (2017)
e-learning adalah proses learning (pembelajaran) menggunakan/memanfaatkan
ICT sebagai tools yang dapat tersedia kapanpun dan di manapun dibutuhkan,
sehingga dapat mengatasi kendala ruang dan waktu.
Pendapat lain menyatakan
bahwa “e-learning merupakan
pembelajaran yang menggunakan jasa elektronika sebagai alat bantunya”
(Soekartawi). Untuk menyederhanakan istilah, maka electronic learning disingkat
menjadi e-learning.
Kata ini terdiri dari dua bagian, yaitu ‘e’
yang merupakan singkatan dari ‘electronica’ dan ‘learning’ yang berarti
‘pembelajaran’. Jadi e-learning
berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika.
Jadi dalam pelaksanaannya e-learning
menggunakan jasa audio, video, perangkat komputer atau kombinasi dari
ketiganya. E-learning sering juga
diistilahkan sebagai on-line learning, internet-enabled learning, virtual
learning, atau webbased learning. Pelaksanaan sistem e-learning dapat diimplementasikan dalam bentuk asynchronous,
synchronous, atau campuran antara keduanya, dan blended learning (hybrid
learning).
B. Deskripsi e-Learning (Kuliah Daring Dikti) UNY
E-Learning (Kuliah Daring Dikti) Fakultas Teknik Universitas Negeri
Yogyakarta ini dikembangkan oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan
Tinggi dan digunakan oleh semua mahasiswa yang mengikuti kuliah daring. Dari
beberapa perkuliahan daring yang ada, kami hanya mengeksplor satu mata
kuliah Fakultas Teknik UNY. Sesuai
kegiatan mengeksplor dan mengevaluasi yang telah dilakukan dapat diuraikan
bahwa e-Learning (Kuliah Daring
Dikti) yang dikembangkan oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi
terdapat banyak sekali mata kuliah yang disediakan akan tetapi kami memilih
salah satu mata kuliah yaitu e-Learning (Web Based Learning).
Secara rinci dapat diuraikan sebagai berikut:
1. URL :
kuliahdaring.dikti.go.id/lms1/course/view.php
? id=353
2. Mata kuliah : e-Learning (Web Based Learning)
3. Dosen : Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. 4. Tingkat
pendidikan user : Mahasiswa
5. Materi
|
|
:
1)
Konsep dan pemanfaatan e-learning
2)
Desain dan pengembangan e-learning
3)
Tool dan teknologi untuk
pengembangan elearning
4)
Authoring tool dan
learning management system
5)
Fitur LMS dan kustomisasi
moodle
6)
Evaluasi sistem elearning
7)
Menginstal dan
mengkustomisasi lms untuk membangun portal e-learning
8)
Mengembangkan dan
memelihara course elearning
|
6. Software
|
|
: Moodle
|
7. Aksesibilitas
|
|
: Internet
|
8. Evaluasi/test
|
|
: (Evaluasi dilakukan secara berkala)
|
9. Contoh screenshot
|
:
|
Gambar 1. Tampilan Login
Mahasiswa
Gambar 2. Tampilan Home pada Courses
Gambar 3. Tampilan e-Learning
Gambar 4. Tampilan Menu Perkuliahan
Gambar 1. Tampilan Materi Minggu ke-1
C. Intrumen Evaluasi Pembelajaran Berbasis
WEB
Sebelum membuat
instrumen evaluasi perlu diketahui dulu apa yang disebut dengan evaluasi.
Menurut Arikunto (2015) evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi
tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk
menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil sebuah keputuasan. Instrumen
evaluasi yang digunakan dalam menilai program elearning ini adalah dengan menggunakan angket atau kuisioner
dimana instrumen evaluasi angket/kuisioner didapat dari link/URL: https://www.academia.edu/16
555483/E-LEARNING.
Instrumen evaluasi program e-learning terlampir.
D. Evaluasi Efektivitas Pembelajaran
Berbasis Web atau e-Learning
Evaluasi adalah langkah
untuk menentukan keberhasilan suatu program yang telah dirancang dan juga untuk
menemukan kelemahan yang ada untuk kemudian diperbaiki. Oleh karena itu
evaluasi merupakan komponen yang sangat penting untuk menilai sejauh mana dan
seberapa baik program yang telah dirancang. Dengan evaluasi, dapat diketahui
apakah sasaran program sudah tercapai atau masih belum, sehingga akan diperoleh
umpan balik tentang program yang telah dirancang. Berdasarkan umpan balik
tersebut dilakukan perbaikanperbaikan pada aspek-aspek yang kurang tepat dan
pengembangan pada aspekaspek yang sudah baik. Dengan adanya evaluasi maka kita
dapat mengetahui kualitas pembelajaran berbasis web (e-learning) yang telah dilakukan.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto. 2015. Dasar-Dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Riadi. 2014. Pengertian,
Karaktiristik dan Manfaat E-Learning. Tersedia pada:
http://www.kajianpustaka.com/2014/06/pengertian-karaktiristik-dan-manfaa
t-elearning.html. (3 April 2017).
Soekartawi. Prinsip
Dasar E-Learning: Teori dan Aplikasinya di Indonesia.
Tersedia pada: http://ibrarian.net/navon/paper/PRINSIP_DASA_e_LEARN
ING_TEORI_DAN_APLIKASINYA_D.pdf?paperid=14268028. (14 Maret
2017).
Suartama. 2017. “Pengembangan
E-Learning”. Presentasi Pembelajaran pada 21 Maret 2017, Singaraja.
LAMPIRAN
Lampiran 1. Instrumen Penilaian Kualitas
Situs Web (E-Learning)
INSTRUMEN PENILAIAN KUALITAS SITUS WEB (E-LEARNING KULIAH DARING FT UNY)
A. Petunjuk Mengisi Penilaian
1. Berilah tanda check (√)
pada kolom yang paling sesuai dengan penilaian anda.
2. Rentang skala setiap komponen penilaian menggunakan skala 5,
dengan keterangan sebagai berikut :
1 = sangat kurang baik 3 = cukup
2 = kurang 4
= baik 5
= sangat baik
3. Berikan komentar atau saran terhadap masing-masing komponen
penilaian.
B. Instrumen
Kualitas Situs WEB
No.
|
Pertanyaan
|
|
|
Skor
|
|
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Penamaan website mudah diingat
|
|
√
|
|
|
|
2
|
Pengaksesan website mudah
|
|
√
|
|
|
|
3
|
Penggunaan logo pada website
|
|
|
|
|
√
|
4
|
Penyajian teks dapat dibaca dan mudah
dipahami
|
√
|
|
|
|
|
5
|
Penggunaan jenis dan ukuran huruf yang
sesuai
|
|
|
√
|
|
|
6
|
Warna teks dengan latar belakang
kontras
|
√
|
|
|
|
|
7
|
Fitur website ini dapat berfungsi dengan
baik menggunakan browser Internet Explorer
|
|
√
|
|
|
|
8
|
Fitur
website ini dapat berfungsi dengan baik menggunakan browser open
source/Mozilla Firefox
|
|
√
|
|
|
|
9
|
Kejelasan link dalam website ini
|
|
|
√
|
|
|
10
|
Pennyajian informasi pada website
|
|
|
√
|
|
|
|
Jumlah
|
2
|
4
|
3
|
0
|
1
|
|
Total
|
10
|
16
|
9
|
0
|
1
|
C. Pedoman Penilaian
Berdasarkan penilaian di
atas, maka penilaian tersebut perlu di kuantitatifkan dengan pedoman sebagai
berikut.
1) Jika 5, maka skor yang diperoleh sangat baik
2) Jika 4, maka skor yang diperoleh adalah baik
3) Jika 3, maka skor yang diperoleh adalah cukup
4) Jika 2, maka skor yang diperoleh adalah kurang
5) Jika 1, maka skor yang diperoleh adalah sangat kurang
Jadi skor yang diperoleh
pada aspek kualitas situs WEB E-Learning adalah skor yang diperoleh dimasukkan ke dalam
formula berikut.
Presentase =
= 72 %
Tabel Pencapaian
Kualifikasi
Tingkat Pencapaian
|
Kualifikasi
|
Keterangan
|
90% - 100%
|
Sangat Baik
|
Tidak perlu direvisi
|
75% - 89%
|
Baik
|
Direvisi seperlunya
|
65% – 74%
|
Cukup
|
Cukup banyak direvisi
|
55% - 64%
|
Kurang
|
Banyak direvisi
|
0% - 54%
|
Sangat Kurang
|
Direvisi Total
|
Simpulan:
Dari penilaian yang
telah dilakukan terhitung bahwa skor yang didapat yaitu 72 %. Apabila
dikonversi ke dalam pedoman acuan penilaian skala 5, maka kualitas situs WEB (E-Learning Kuliah Daring FT UNY) yaitu
cukup sehingga mendapat cukup banyak revisi
Singaraja, 3 April 2017
Penilai,
Muhammad Fais Alfafa
NIM. 1411021018
Belum ada tanggapan untuk "Laporan Evaluasi Program E-learning"
Post a Comment