PENGEMBANGAN PROGRAM E-LEARNING DI SMK NEGERI 1
SUKASADA KELAS X MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
DALAM MATA KULIAH
PENGEMBANGAN E-LEARNING
OLEH
MUHAMMAD FAIS ALFAFA
NIM 1411021018
JURUSAN TEKNOLOGI
PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN
GANESHA
SINGARAJA
MEI 2017
Download
https://www.academia.edu/34861083/PENGEMBANGAN_PROGRAM_E_LEARNING_DI_SMK_NEGERI_1_SUKASADA_KELAS_X_MATA_PELAJARAN_BAHASA_INDONESIA
LKM 6
Nama Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Semester/Kelas : Ganjil/X
Nama Sekolah : SMK
Negeri 1 Sukasada
Nama SME : Ni
Ketut Sukamari, S.Pd.
(1)
Menganalisa Pebelajar/Siswa (Analyzing Learners)
No
|
Aspek yang Dianalisa
|
Hasil
|
1
|
Nama
|
ARDI SUDIPTA,
MADE
|
2
|
Semester
|
Ganjil
|
3
|
Jenis kelamin
|
Laki-laki
|
4
|
Pengetahuan awal
|
Teknik membaca
cepat untuk pemahaman
|
5
|
Fasilitas pembelajaran yang
dimiliki
|
4 Lab Multimedia dan 1 Lab Komputer
|
No
|
Aspek yang Dianalisa
|
Hasil
|
1
|
Nama
|
MIRA YANTI, NI
KADEK
|
2
|
Semester
|
Ganjil
|
3
|
Jenis kelamin
|
Perempuan
|
4
|
Pengetahuan awal
|
Teknik membaca
cepat untuk pemahaman
|
5
|
Fasilitas pembelajaran yang
dimiliki
|
4 Lab Multimedia dan 1 Lab Komputer
|
(2)
Merumuskan Standar dan Tujuan Pembelajaran
(State Standards and Objectives)
Standar Kompetensi:
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia secara
tingkat semenjana
|
Kompetensi Dasar:
1.4 Memahami informasi tertulis dalam berbagai
bentuk teks
|
Tujuan Pembelajaran:
|
1.
Setelah
membaca informasi berupa teks secara online
pada beberapa situs web yang disediakan dengan menggunakan teknik membaca
cepat untuk pemahaman, siswa dapat mengidentifikasi sumber informasi (berupa
teks) dengan benar.
|
2.
Setelah
membaca informasi berupa teks secara online
pada beberapa situs web yang disediakan dengan menggunakan teknik membaca
cepat untuk pemahaman, siswa dapat mencatat isi pokok informasi dengan
menggunakan teknik membuat catatan yang benar.
|
3.
Setelah membaca
materi dan mempelajari slide
presentasi pembelajaran secara online,
siswa dapat mengidentifikasi jenis teks yang sudah dibaca dan dicatat isi
pokok informasinya dengan benar.
|
(3)
Memilih Strategi, Teknologi, Media
dan Materi (Select Strategies,
Technology, Media and Materials)
No
|
Tujuan pembelajaran
|
Strategi
|
Teknologi
|
Media
|
Materi
|
1
|
Setelah membaca
informasi berupa teks secara online
pada beberapa situs web yang disediakan dengan menggunakan teknik membaca
cepat untuk pemahaman, siswa dapat mengidentifikasi sumber informasi (berupa
teks) dengan benar.
|
Diskusi kelompok
Tugas mandiri
|
Komputer/
Laptop/
Smartphone
Platform e-learning
Terkoneksi internet
|
Komputer/
Laptop
e-Book
Situs web
|
Sumber Informasi
|
2
|
Setelah membaca
informasi berupa teks secara online pada beberapa situs web yang disediakan
dengan menggunakan teknik membaca cepat untuk pemahaman, siswa dapat mencatat
isi pokok informasi dengan menggunakan teknik membuat catatan yang benar.
|
Diskusi kelompok
Tugas mandiri
|
Komputer/
Laptop/
Smartphone
Platform e-learning
Terkoneksi internet
|
Komputer/
Laptop
e-Book
Situs web
|
Mencatat Isi Pokok Informasi
|
3
|
Setelah membaca
materi dan mempelajari slide
presentasi pembelajaran secara online, siswa dapat mengidentifikasi jenis
teks yang sudah dibaca dan dicatat isi pokok informasinya dengan benar.
|
Diskusi kelompok
Tugas mandiri
|
Komputer/
Laptop/
Smartphone
Platform e-learning
Terkoneksi internet
|
Komputer/
Laptop
e-Book
Slide presentasi
Situs web
|
Jenis Teks (Narasi, Deskripsi, Eksposisi)
|
(4)
Memanfaatkan Teknologi, Media dan
Materi (Utilize Technology, Media, and
Materials)
Laksanakanlah peranan Anda dalam hal
pemanfaatan teknologi, media dan juga materi dengan melengkapi tabel berikut.
1. Pencermatan umum terhadap
teknologi, media, dan materi yang digunakan
|
Di SMK Negeri 1 Sukasada terdapat laboratorium
Komputer yang sudah terkoneksi internet sehingga bisa digunakan untuk
pembelajaran online. Kegiatan online learning dapat juga dilakukan oleh siswa
dengam menggunakan Laptop/Smartphone pribadi,
karena di sekolah sudah tersedia koneksi wifi. Sementara untuk e-learning
sendiri dengan menggunakan Platform
e-learning.
|
2. Penyiapan teknologi, media,
dan materi yang digunakan
|
Teknologi yang digunakan adalah Komputer/Laptop/ Smartphone, Platform e-learning, Terkoneksi internet.
Media yang digunakan Komputer/Laptop/
Smartphone, e-Book, Slide presentasi,
Situs web.
Materi yang akan dipelajari Sumber Informasi,
Mencatat Isi Pokok Informasi, Jenis Teks (Narasi, Deskripsi, Eksposisi)
|
3. Penggambaran kondisi
lingkungan (fisik
dan sosial)
|
Di SMK Negeri 1 Sukasada terdapat laboratorium
Komputer yang sudah terkoneksi internet sehingga bisa digunakan untuk
pembelajaran online. Di samping itu juga para siswa sudah memiliki laptop/smartphone sehingga apabila ada
komputer yang rusak bisa menggunakan perangkat pribadi karena telah ada
jaringan wifi di sekolah.
Untuk hubungan guru dengan siswa bisa dikatakan
baik, hal tersebut bisa dilihat ketika siswa dan guru bertemu di jalan, siswa
menyapa dan guru menyapa balik kepada siswa.
|
4. Penyiapan siswa mengikuti
e-learning
|
1) Siswa telah mampu
menggunakan komputer/ laptop/smartphone
2) Siswa telah paham bagaimana
cara mengakses internet
3) Siswa telah paham bagaimana
cara akses platform e-learning
4) Teknik membaca cepat untuk
pemahaman
|
5. Penyediaan
pengalaman-pengalaman belajar
|
1) Siswa memiliki pengalaman belajar
online
2) Siswa memiliki pengalaman diskusi
online
3) Siswa memiliki pengalaman
mengerjakan tugas mandiri secara online
|
(5)
Mensyaratkan Partisipasi Siswa (Require Learner Participation)
Kembangkanlah latihan/tugas dalam
bentuk checklist, lembar kegiatan siswa,
kegiatan menggunakan internet, latihan kelompok, dan bentuk latihan lainnya.
(6)
Mengevaluasi dan Memperbaiki (Evaluate and Revise)
Setelah mengimplementasikan e-learning, evaluasilah e-learning yang Anda kembangkan
tersebut. Berdasarkan hasil evaluasi, apabila ada yang memerlukan perbaikan,
maka perbaikilah e-learning Saudara
sehingga dapat digunakan untuk seterusnya.
INSTRUMEN PENILAIAN
KUALITAS PENGEMBANGAN E-LEARNING
DI SMK
NEGERI 1 SUKASADA KELAS X MATA PELAJARAN
BAHASA
INDONESIA
A. Petunjuk Mengisi Penilaian
1.
Berilah tanda check (√) pada kolom yang paling sesuai dengan penilaian
anda.
2.
Lakukan penilaian secara objek tanpa dipengaruhi oleh faktor lain.
B.
Instrumen Evaluasi Program
NO
|
PERNYATAAN
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
Konten
|
1
|
Sistem
e-learning menyediakan isi yang sangat sesuai dengan kebutuhan
|
√
|
|
|
|
2
|
Sistem
e-learning menyediakan isi yang bermanfaat
|
|
√
|
|
|
3
|
Sistem
e-learning menyediakan isi yang lengkap
|
|
√
|
|
|
4
|
Sistem
e-learning menyediakan isi yang up-to date
|
|
√
|
|
|
Antar muka
|
1
|
Sistem
e-learning mudah digunakan
|
√
|
|
|
|
2
|
Sistem
e-learning mempermudah saya untuk mencari materi yang saya butuhkan
|
√
|
|
|
|
3
|
Isi yang
disediakan e-learning mudah dipahami
|
|
√
|
|
|
4
|
Sistem
e-learning bersifat user-friendly
|
|
√
|
|
|
5
|
Pengoperasian
sistem e-learning stabil dan lancar
|
|
√
|
|
|
Umpan balik
|
1
|
Permohonan
anda ditanggapi sistem e-learning secara cepat
|
|
√
|
|
|
2
|
Sistem
e-learning mempermudah untuk mengevaluasi unjuk kerja pembelajaran
|
√
|
|
|
|
3
|
Metode
pengujian seperti tugas-tugas melalui sistem e-learning mudah untuk dipahami
|
√
|
|
|
|
4
|
Metode
pengujian seperti tugas-tugas melalui sistem e-learning bersifat fair/adil
|
√
|
|
|
|
5
|
Sistem
e-learning menyediakan lingkungan pengujian yang aman
|
√
|
|
|
|
6
|
Metode
pengujian tersebut memberi tahu hasil dengan cepat
|
√
|
|
|
|
Personalisasi
|
1
|
Sistem
e-learning memungkinkan saya untuk mengontrol kemajuan belajar saya
|
|
√
|
|
|
2
|
Sistem
e-learning memungkinkan saya mempelajari materi yang saya butuhkan
|
|
√
|
|
|
3
|
Sistem
e-learning memungkinkan saya untuk memilih materi yang ingin saya pelajari
|
√
|
|
|
|
4
|
Sistem
e-learning merekam kemajuan pembelajaran saya
|
√
|
|
|
|
5
|
Sistem
e-learning merekam kinerja pembelajaran saya
|
√
|
|
|
|
Komunitas pembelajaran
|
1
|
Sistem
e-learning mempermudah saya mendiskusikan pertanyaan kepada para dosen dan/atau
tutor
|
√
|
|
|
|
2
|
Sistem
e-learning mempermudah saya mendiskusikan pertanyaan kepada mahasiswa lain
|
√
|
|
|
|
3
|
Sistem
e-learning mempermudah saya berbagi tentang apa yang saya pelajari dengan
komunitas pembelajaran
|
√
|
|
|
|
4
|
Sistem
e-learning mempermudah saya untuk mengakses materi dari komunitas
pembelajaran
|
√
|
|
|
|
Interaktifitas
|
1
|
Interaktifitas
pembelajaran melalui sistem e-learning membantu penguasaan e-learning
|
|
√
|
|
|
2
|
Interaktifitas
pembelajaran melalui sistem e-learning meningkatkan
motivasi/
semangat belajar
|
√
|
|
|
|
3
|
Interaktifitas
pembelajaran melalui sistem e-learning memberikan rasa nyaman/kedekatan
antara pendidik dengan peserta didik
|
|
√
|
|
|
4
|
Interaktifitas
pembelajaran melalui sistem e-learning memberikan rasa senang/puas
|
√
|
|
|
|
Jumlah
|
17
|
11
|
0
|
0
|
Keterangan:
1.
SS = Sangat Setuju (5)
2.
S = Setuju (4)
3.
TS = Tidak Setuju (2)
4.
STS = Sangat Tidak Setuju
(1)
Teknik yang digunakan yaitu teknik
deskriptif kuantitatif dengan rumus sebagai berikut:
Presentase =
Perolehan Skor x 100%
Skor Maksimal
Ideal
Tabel
Pencapaian Kualikasi
Tingkat Pencapaian
|
Kualifikasi
|
Keterangan
|
90% - 100%
|
Sangat Baik
|
Tidak
perlu di revisi
|
75% - 89%
|
Baik
|
Direvisi
seperlunya
|
65% - 74%
|
Cukup
|
Cukup
banyak revisi
|
55% - 64%
|
Kurang
|
Banyak
revisi
|
0% - 54 %
|
Sangat Kurang
|
Direvisi
total
|
Presentase
= 85 +
44 x 100%
140
= 92,14 %
Dari hasil evaluasi menggunakan
kuisioner di atas diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan program e-learning di SMKN 1 Sukasada berada
pada kategori Sangat Baik dengan perolehan nilai 92,14%.
Selengkapnya silahkan download pada laman https://www.academia.edu/34861087/Perencanaan_Pembelajaran_Online
Belum ada tanggapan untuk "Perencanaan Pembelajaran Online Model Pengembangan ASSURE"
Post a Comment